Professional Academy (PROA)

Pelatihan ini dilaksanakan secara Online

Deskripsi Akademi

Program Professional Academy bertujuan untuk mempersiapkan alih kompetensi SDM Indonesia dengan cara memberikan pelatihan secara online kepada masyarakat yang sedang bekerja agar tercipta tenaga kerja Indonesia yang lebih adaptif dan produktif. Professional Academy juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas daya saing sumber daya manusia di bidang TIK. 

Peserta Professional Academy akan belajar secara mandiri secara daring/online, peserta mengatur waktu belajar secara mandiri sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Adapun aktivitas-aktivitas dalam Program Professional Academy, yaitu:

  1. Self-paced Learning/Belajar Mandiri: peserta belajar secara mandiri melalui laptop/komputer, jadwal pelaksanaan self-paced learning diatur secara mandiri oleh peserta dalam batas durasi pelatihan;
  2. Live Session/Webinar: Sesi tatap muka secara daring/online antara instruktur dan peserta, peserta akan dipandu langsung dan berinteraksi dengan Instruktur. 
  3. Hands-on Labs: Peserta akan mengerjakan suatu project baik secara mandiri  atau berkelompok;
  4. Grup Kelas: Peserta akan bergabung dalam Grup Kelas yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan Panitia Penyelenggara, Instruktur dan seluruh peserta DTS;
  5. Evaluasi: Peserta akan mengikuti proses evaluasi pelatihan dalam bentuk kuis,ujian, atau menyelesaikan sebuah proyek;
  6. Pasca Pelatihan:
    - Program Sertifikasi dan Pelatihan Lanjutan: Program ini diberikan khusus kepada peserta yang memiliki kriteria sesuai dengan ketentuan dan keputusan panitia penyelenggara yaitu Kominfo.            - Program diperuntukkan untuk seluruh peserta yang menyelesaikan seluruh sesi pelatihan untuk menyelesaikan sebuah project dalam waktu terbatas.

     


Secara keseluruhan, penerima manfaat dari DTS PRO tahun 2021 sebanyak 24.000 orang peserta dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Alih Kompetensi : memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di bidang TIK dan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia Indonesia yang memiliki keahlian di bidang profesi masing-masing untuk memperoleh kompetensi tambahan serta menciptakan sumber daya manusia yang lebih adaptif dan produktif dengan mengoptimalisasi teknologi;
  2. Meningkatkan Daya Saing : meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang TIK demi memenangkan persaingan di tengah perubahan-perubahan yang berlangsung cepat di multi sektor.


Daftar Pelatihan Professional Academy (PROA)