Thematic Academy (TA)

Deskripsi Akademi

Program Thematic Academy (TA) merupakan salah satu akademi dari Digital Talent Scholarship tahun 2020 yang ditujukan spesifik pada sektor industri/kalangan tertentu, dimana kurikulumnya telah disesuaikan dengan kebutuhan industri.

Program Thematic Academy bertujuan untuk menciptakan tenaga kerja terampil di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  sehingga dapat meningkatkan produktifitas dan daya saing bangsa di era industry 4.0 seperti saat ini.  Pada pelaksanaannya, Kementerian Kominfo melibatkan beberapa pihak terkait mulai dari akademisi, industri, hingga beberapa komunitas sesuai masing-masing tema.

Program Thematic Academy 2020 akan berfokus pada lima (5) tema pelatihan yang diharapkan dapat menjangkau seluruh aspek dan golongan masyarakat. Tema pelatihan tersebut antara lain adalah Digital Marketing, IT Project Management, Big Data (for social science), IT Perbankan, dan tema spesifik untuk eks Buruh Migran.

Secara umum pelatihan ini ditujukan bagi 2000 orang lulusan D3/D4 dan S1 yang ingin meningkatkan keterampilan di bidang teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan kebutuhan industri. Diharapkan, dengan terselenggaranya program TA ini, dapat memberikan kemampuan siap pakai bagi lulusan D3/D4 dan S1, serta dapat berdampak langsung dalam mengurangi angka pengangguran, sekaligus mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang TIK. Dalam pelaksanaan pelatihan ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika terus berupaya untuk menciptakan ekosistem seimbang dalam memaksimalkan peran triple helix (instansi pemerintahan, sektor privat, dan institusi pendidikan) agar dapat menjadi fasilitator dan akselerator pendukung ekonomi digital.












Daftar Pelatihan Thematic Academy (TA)