Vocational School Graduate Academy (VSGA)

Deskripsi Akademi

Program Vocational School Graduate Academy (VSGA) Program pelatihan berbasis kompetensi nasional yang ditujukan kepada 10.000 peserta pelatihan bagi lulusan SMK dan Pendidikan Vokasi bidang TI, Telekomunikasi, Desain, dan Multimedia yang belum bekerja. Program VSGA bertujuan untuk mencetak talenta/SDM level teknisi dalam bidang digital, khususnya dalam bidang Network Administrator, Graphic Designer, Web Developer, Mobile Programmer, Motion Graphic Artist, Multimedia Designer, Drive Tester.


Penyelenggaraan program VSGA berlangsung selama 120 jam pelajaran yang meliputi kegiatan pelatihan tatap muka (offline), kelas pendamping atau add on, uji kompetensi sertifikasi. Dalam penyelenggaraan program VSGA, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan 37 politeknik negeri dan swasta yang tersebar di seluruh Indonesia dan Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSP). Politeknik dalam program ini berperan menjadi penyedia sarana dan prasarana serta instruktur pelatihan sesuai skema pelatihan. Pada akhir pelatihan, peserta pelatihan akan disertifikasi kompetensi berbasis SKKNI oleh LSP.


Diharapkan, dengan terselenggaranya program VSGA ini dapat meningkatkan kompetensi lulusan SMK yang akan berdampak dalam upaya pengurangan angka pengangguran serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi. Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam hal ini berupaya untuk menciptakan ekosistem seimbang dalam memaksimalkan peran triple helix (instansi pemerintahan, sektor swasta, dan institusi pendidikan) untuk menjadi fasilitator dan akselerator pendukung ekonomi digital.


*Penyelenggaraan Pelatihan VSGA DTS ini ditunda hingga ada pengumuman selanjutnya mengingat saat ini masih dalam Status Darurat Covid-19.


Daftar Pelatihan Vocational School Graduate Academy (VSGA)